Kopi Paling Mahal di Dunia

Table of Contents

Kopi Luwak, namanya sudah sangat familier di telinga kita, apalagi yang sangat militan dengan kopi. Kopi mahal yang sangat nikmat ini hanya ada di Indonesia. Berasal dari biji kopi yang keluar bersama kotoran luwak setelah melalui proses pencernaan. 

Kopi luwak sudah dikenal sejak abab ke-18 di perkebunan belanda, kebanyakan sih di Jawa dan sumatra. Dan ternyata kopi yang nikmat ini bukanlah ditemukan dengan sengaja. Pada jaman Belanda, penduduk pribumi yang bekerja di perkebunan kopi dilarang untuk memetik kopi untuk konsumsi pribadi. Tapi, namanya manusia pasti pengen ngrasain yang namanya kopi mahal. Dan pada akhirnya para penduduk lokal menemukan hewan sejenis musang (luwak) yang suka memakan kopi. Setelah diteliti, biji kopi itu ternyata masih dalam keadaan utuh. Biji kopi tersebut masih bisa diolah dan dikonsumsi. Dan yang luar biasa adalah ternyata rasanya sangat nikmat. 

Kenikmatan ini tak lain adalah berkat kepintaran si luwak. Hewan ini menggunakan penciumannya yang tajam untuk memilih kopi mana yang bagus dan masak. Setelah mendapat buah yang bagus luwak kemudian memakannya. Namun biji kopi memiliki lapisan yang cukup keras, maka tidak mampu dicerna oleh luwak ini. 

Kopi luwak kini sudah terkenal di dunia, bahkan saya menulis ini karena baru saja baca artikel di National Geographic tentang kopi Luwak. Di sana dikatakan ini adalah kopi termahal di Dunia. Selain itu, pernah juga kopi ini di ulas dalam Oprah Winfrey Show. Harga kopi ini mencapai 80$ di Amerika Serikat. 

Jadi, sudahkah kalian mencicipi Kopi Luwak ?... kalau belum saya sarankan cepet-cepet nyari kopi ini. sedikit mahal tidak mengapa. Karena, bukan tidak mungkin kopi ini akan punah seiring semakin langkanya luwak yang banyak diburu untuk dikonsumsi dagingnya. Ini karena daging luwak dipercaya dapat mengobati penyakit asma. 


Post a Comment