Cara Menghitung Suhu di Ketinggian Tanpa Menggunakan Termometer

Menghitung suhu di Gunung bisa bermanfaat untuk mempersiapkan alat-alat yang harus kita bawa. Misalnya Sleeping Bag. Pelindung kita dari dingin ini didesain dengan kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang mencapai 1° ada juga yang hanya sampai 10° bahkan 15° derajat saja. Jadi jangan heran jika tidur di Ranu Kumbolo pas bulan Agustus hanya dengan Sleeping Bag yang daya tahannya sampai 15° masih menggigil.

Di Gunung suhu bisa sangat rendah (ekstrim). Terutama di musim kemarau bisa mencapai 0° C. Di musim penghujan meskipun suhu tidak sedingin ketika kemarau, kondisi tanah yang lembab karena hujan dan terpaan angin juga bisa membuat suhu menjadi sangat dingin. 

Untuk mengetahui suhu di suatu tempat, tentu kita semua tahu harus menggunakan termometer. Namun karena terkadang kita tidak membawanya kita bisa mengetahuinya dengan cara-cara sederhana. Tentu saja ini hanya sekedar perkiraan rata-rata saja.  

Cara sederhana ini adalah berdasar pada ketinggian tempat tertentu. memang harus butuh alat lagi untuk mengetahui ketinggian yaiitu dengan menggunakan Altimeter. Trus kalau tidak punya altimeter ? Jaman sekarang itu di gunung sudah nyaman, di tiap pos ada papan penunjuk ketinggian yang mudah kita baca. Lalu bagaimana cara menghitung suhunya ?

Kita kembali ke pelajaran SMA dulu, lapisan Troposfer di yang merupakan lapisan paling bawah mempunyai  ketebalan yang berbeda. Di kutub 0-8 Km, di daerah khatulistiwa memiliki ketebalan 0-16 Km dan di daerah dengan lintang tinggi ketebalannya kurang dari 12 Km. 

Dan di lapisan troposfer inilah terjadi proses-proses cuaca dan iklim, seperti awan, angin hujan. dan setiap kenaikan ketinggian 100 M, kondisi suhu mengalami penurunan sekitar 0,6°C atau disebut gradien geothermis. Dan gradient gethermis inilah yang akan digunakan untuk mengukur suhu di ketinggian tertentu. Sampai di sini harusnya sudah ada yang bisa menghitungnya .. hee..

Caranya sangat gampang kita hanya perlu rumus, T = 26,3 - 0,6 (h).  Di mana, T adalah suhu di ketinggian tertentu, 26,3 adalah suhu rata-rata di permukaan laut, 0,6 untuk konstanta dan h adalah ketinggian tempat dibagi dengan 100m. 

Misal, anda berada di Ranu Kumbolo dengan ketinggian 2.400 Mdpl, berapakah suhunya ? 
Tinggal hitung saja :
T= 26,3 – 0,6(24) = 11,9 . 

Jadi suhu rata-rata di Ranu Kumbolo adalah 11,9° C. Memang hasilnya tidak seakurat kalo pakai termometer, namanya juga perkiraan. Cukuplah, biar keliatan pinter pas naik gunung hehe... Suhu di gunung sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti, ada tidaknya awan, lama terkena sinar matahari, kontur tanahnya dan juga kerapatan vegetasinya. 

0 Response to "Cara Menghitung Suhu di Ketinggian Tanpa Menggunakan Termometer"

Post a Comment

tinggalkan jejakmu ...