Tips Memilih Sleeping Bag


Memilih sleeping bag adalah hal penting, saat berkegiatan di luar ruang atau mendaki gunung . kenyamanan tidur akan menentukan kebugaran tubuh. Kenyamanan ini akan berpengaruh pada efektifitas untuk pemulihan kondisi tubuh.

Menggunakan tenda memang sudah melindungi kita dari paparan angin dan menaikkan suhu beberapa derajat. Namun ketika istirahat metabolisme tubuh akan menurun dan membuat suhu tubuh turun. Oleh karena itu tubuh masih tetap harus dilindungi agar menjaga suhu tetap dalam keadaan yang baik.

berikut ini hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sleeping bag :

1. Temperature Rate (tingkat suhu)

Sleeping bag mempunyai tingkatan dalam melindungi tubuh dari suhu sekitar. Daya tahan ini biasanya di golongkan dengan tingkat suhu paling minimal. Misal mencapai 10°, 5° atau dituliskan dengan range tertentu. ini biasa ditulis di covernya.

Kebanyakan kita tidak pernah memperhatikan hal ini ketika memilih Sleeping bag. Dan banyak juga produsen yang tidak menyertakan keterangan ini. kita bisa menanyakannya kepasa sales yang melayani kita.

2. Berat Sleeping bag

Membuat barang bawaan seringan mungkin adalah prinsip pokok ketika mendaki gunung. Terlalu berat membawa beban akan membuat kita cepat lelah. Di samping itu juga waktu perjalanan yang akan lebih panjang. Pilihlah Sleeping Bag yang tidak terlalu memberatkan ketika dibawa. Tentu saja perkirakan semua barang yang dalam Carrier kita dan usahakan ketika ditambah Sleeping Bag tidak sampai melebihi batas beban aman sebesar 1/3 berat tubuh kita.

3. Penampang Ruang (besar Sleeping bag)

Ini juga menjadi pertimbangan yang rumit, sesuaikan sleeping bag dengan carrier atau backpak kita. Usahakan sleeping bag tetap masuk ke dalam carrier kita. Jangan sampai harus ditenteng sambil berjalan apalagi dalam kondisi hujan.

4. Sistem Insulasi (Penyekat)

Bahan yang digunakan dalam sistem insulasi (metode pengurangan laju perpindahan panas) ada beberapa macam. Bulu, Sintetis, dan Bulu anti air. Sleeping bag dari bulu angsa/bebek sangat ringan, kompressibel, tahan lama dan pemakainya dapat bernafas dengan baik. Sayang harganya mahal, meskipun itu sebanding dengan dengan kenyamanannya. Sintetis unggul dalam cuaca lembab dan dingin. Sedangkan untuk bulu anti air sangat pas dala kondisi lembab.

5. Bentuk (Model)

Ada dua jenis model yang bisa dipertimbangkan, yaitu mumi dan multi. Mumi ini maksudnya sleeping bag hanya bisa digunakan satu orang. Dan untuk multi dapat dibuka untuk digunakan seperti selimut biasa sehingga bisa digunakan dua orang. 

Ada beberapa hal yang mungkin bisa dipertimbangkan ketika memilih sleeping bag seperti, metabolisme, jenis kelamin dan juga kondisi gunung atau tempat yang akan dituju. Wanita biasanya memerlukan sleeping bag yang lebih hangat daripada pria. 


0 Response to "Tips Memilih Sleeping Bag"

Post a Comment

tinggalkan jejakmu ...