Wader Goreng Sampai Kopi Menoreh Pak Rohmat



kopi Menoreh Pak Rohmat, tempat ngopi yang berada di Dusun Madigondo Samigaluh Kulon Progo ini sudah cukup terkenal. Meski saya sendiri baru juga berkesempatan untuk nyicicipi kopinya. Ngopi itu ndak seru kalo Cuma sendirian, harus ada temennya syukur rame-rame.

Susahnya, temen-temen saya itu pada sibuk semua ! Berkali-kali ngerancang acara kumpul bareng terus aja gagal. Nah, tanggal 1 Januari 2017 kemaren temen saya kembali ngajak kumpul. Acaranya dadakan pagi itu juga baru dirancang. Tapi justru itu malah sukses mengumpulkan 4 orang.

Si penggagas acara awalnya hanya pengen ke Kopi Menorehnya Pak Rohmat. Namun pada akhirnya ada dua tempat yang kami sambangi. Pertama adalah Warung makan Mbok Sriwanti di samping Kantor Kelurahan Banjarharjo kalibawang. Kenapa ke sini tentunya ya karena lapar hehe..

Meski warungnya sangat sederhana, namun menunya cukup khas dan sangat jarang ditemui. Mangut sidat dan wader goreng ! Dua jenis ikan yang kini makin susah dicari, dan belum banyak yang membudidayakannya. Kalau kebetulan melintas jalan magelang – wates langsung saja mampir.





Setelah makan di warungnya Mbok Sri kami langsung menuju tujuan utama ke Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat. Arah yang kami ambil adalah arah menuju Wates. Karena sama sekali belum pernah ke Sana google maps menjadi andalan. Google maps mengarahkan kami menuju ke arah menuju Puncak Suroloyo. Jadi kami ambil arah kanan dari arah magelang.

Ternyata jalan yang harus dilalui cukup jauh. Jalan yang dilalui berkelok-kelok dan banyak tanjakannya. Ada satu tikungan tajam yang langsung dihadapkan dengan tanjakan. Cukup menegangkan juga, ada enam orang dalam satu mobil dengan transmisi otomatis ditambah sopir yang jarang naik gunung hahaha…

Setelah tanjakan panjang yang pertama ini ada satu tempat wisata yang juga tengah ramai, namanya Curug Sidoharjo. Sebuah air terjun yang cukup tinggi yang cukup menarik. Tapi kami tidak mampir di curug ini karena hari sudah semakin sore.

Sekitar 10 menit waktu yang diperlukan dari curug Sidoharjo ini menuju ke Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat. Cukup ramai juga pas kami sampai di sana hingga cukup kesulitan nyari tempat parkir. Tempat tempat yang landai sudah penuh dengan mobil. Namun tidak jadi masalah meski di tanjakan yang penting tidak mengganggu lalu-lintas.

Tidak nampak orang yang lagi nongkrong minum kopi ketika kami mengikuti petunjuk arah. Hanya sebuah gerbang yang terbuat dari bambu terpampang papan bertuliskan “ Kedai & Produksi Kopi Menoreh Pak Rohmat Madigondo”. Ternyata kedainya terletak di belakang rumah Pak Rohmat.



Sampai di kedai ternyata memang cukup ramai. Semua meja sudah penuh dengan pengunjung. Kami coba melihat gubug sebelah bawah namun juga sudah penuh. Belum kami beranjak kami sudah diampiri bapak-bapak dengan pakaian khas Jawa yang ternyata pak Rohmat sendiri. Beliau cukup singkat memberikan info kalau mau pesan kopi kami harus menunggu sampai 1 jam.

Weh… padahal ini yang punya mobil sudah ada acara sesudah maghrib. Coba-coba pesan yang lain juga waktunya sama. Untung yang punya mobil pengertian, janjian sama istrinya dibatalkan demi secangkir kopi hahaha.… akhirnya kami jadi pesan kopi dengan beberapa camilan.

Ada beberapa menu kopi yang bisa dipesan di kedai kopi Menoreh. Kopi Robusta, Kopi Arabica dan Kopi Lanang yang merupakan kopi khas yang diproduksi di tempat ini juga. Selain itu juga disediakan beberapa variasi dengan susu gula jawa dan juga jahe. Beberapa minuman non-kopi juga ada kalo ada temen yang hanya sekedar pengen nongkrong.

Azan maghrib sudah berkumandang, sambil nunggu pesanan jadi kami sholat maghrib bergantian. Ada mushola kecil yang cukup untuk 5 orang di samping rumah pak Rohmat. oh ya, kedai kopi menoreh ini tiap harinya tutup jam 6 sore. Jadi kalau teman-teman pengen ke sana agak siang aja. Ditambah kalau bisa konfirmasi dulu ke pak Rohmat sekalian pesan agar pas sampai tidak nunggu kelamaan.

Sehabis maghrib sudah … tak lama berselang beberapa gelas kecil dengan nampan kayu diantar ke meja kami. Saatnya ngopiiiii… setelah nunggu cukup lama akhirnya waktunya mencoba kopi Lanang dari menoreh tiba. Disamping kopi disediakan gula pasir juga gula merah tinggal pilih. Tapi saya tetep milih pake gula pasirnya, soalnya suka aneh kalo pake gula merah.

Trus… gimana rasa kopi lanang dari kedai Kopi menoreh Ini ? emmm… gurih,.. enak.. meski mungkin untuk saya kalau lebih kental sedikit akan lebih mantep hehe.. tapi cukuplah untuk sekedar mencicipi. Lain kali bisa kembali lagi dan pesen yang lebih kental dan minta yang mentah untuk dibawa pulang. Mugkin kalau siang hari lebih menarik lagi ngopi disini sambil menikmati pemandangan disekitar kedai dengan bukit-bukitya.

Karena sudah cukup malam dan kedai juga sudah mau tutup, kami segera meninggalkan kedai kopi pak Rohmat. Saran saja buat teman-teman yang pengen ke sana, dateng jangan terlalu sore karena kedai ini tutup jam 18:00. Konfirmasi terlebih dahulu dan sekalian pesan menu yang akan dipesan untuk menghemat waktu. Alamat, menu dan kontak ada di bawah ini.


Alamat : Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Cp: 087843196105
Download Menunya di Sini




0 Response to "Wader Goreng Sampai Kopi Menoreh Pak Rohmat"

Post a Comment

tinggalkan jejakmu ...