Perhatikan 9 hal ini untuk berTahun baruan 2017 !



Tahun baru 2017 tinggal menghitung hari. Apakah sudah membuat rencana pendakian untuk menjadi saksi pergantian tahun nanti ? Tentunya jika sudah  membuat rencana pendakian atau entah sekedar berkumpul bersama teman-teman di tempat favorit, tentunya beberapa hal di bawah ini harus anda persiapkan.

1.    Destinasi menghabiskan tahun baru

Tentunya kalau kita nyari yang tidak ramai di tahun baru 2017 nanti, hampir bisa dikatakan.. tidak ada ! hehe… hampir semua pasti penuh meski dengan kepadatan yang berbeda-beda. Sebagai gambaran bisa cek di sini, menurut saya tidak ada perbedaan yang mencolok. Meski berita resminya dari TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango) jallur pendakian di Gunung Gede Pangrango masih ditutup dalam rangka pengembalian ekosistem.

 

2.    Estimasikan waktu pendakian dengan cermat

Ini yang kadang tidak diperhatikan ! padahal dengan memperkirakan waktu kegiatan kita, baik tenaga dan tentunya bagi yang berkantong tipis.. seperti saya … hehe.. akan sangat bermanfaat sekali. Logistik juga tentunya akan lebih mudah diperkirakan juga.

 

3.    Perlengkapan dan peralatan

Mumpung masih ada waktu yang cukup, cek semua peralatan ! kalau sekiranya sudah tidak layak langsung cari gantinya. Kalau perlu sewa, booking dari sekarang. Jangan mepet-mepet yang akhirnya anda harus mengeluarkan dana lebih untuk beli peralatan baru. 

Obat-obatan dan p3K wajib dibawa. Disamping yang untuk kelompok, perorang juga diwajibkan membawa sendiri-sendiri terutama yang mempunnyai penyakit tertentu.

 

4.    Cari informasi dari tempat tujuan anda

Mencari informasi sekarang sudah sangat mudah. Usahakan yang terupdate, caranya adalah menghubungi langsung pengelola tempat yang dituju. Kalau Gunung tentu hubungi saja basecapnya langsung. Dengan begitu anda akan lebih siap menghadapi aturan-aturan yang mungkin sudah berubah.

 

5.    Jaga stamina !

Karena hanya tinggal beberapa hari lagi tentunya, jaga stamina. Jangan sampai ketika waktunya berangkat nanti malah sakit. Tidak perlu olahraga jika waktu sudah mepet seperti ini. jangan lupa untuk istirahat ! 
Kalau perlu cek ke dokter untuk mengetahui kebugaran fisik kita. Intinya adalah untuk mengetahui dengan pasti bagaimana keadaan kita sebelum berangkat. Ke puskesamas aja yang murah hehe… syukur2 dapat vitamin gratisan…

 

6.    Bagi-bagi Tugas !

Karena tentunya anda tidak hanya sendirian, membagi tugas sangat penting. Selain menyingkat waktu juga tidak membebani seseorang saja. Meski sekecil apapun dan walau pacar anda sendiri … semua harus dapat tugas.

 

7.    Komunikasikan segala sesuatunya dengan semua yang akan berangkat bersama anda

Tentunya agar semua dapat berjalan dengan baik, semua hal terkait kegiatan yang anda lakukan bersama harus dibicarakan dengan semuanya. Ga harus pake rapat resmi atau technical meeting hehe.. ngobrol-ngobrol aja sambil ngopi atau kalau ga sempat ketemu, ya lewat WA.

 

8.    Jaga kebersihan

Entah kemana dan di mana tujuan anda, menjaga kebersihan hukumnya wajib. Baik di gunung, pantai atau di tengah-tengah kota sekalipun. Selalu siapkan kantong sampah atau tas plastik bekas untuk mengumpulkan sampah-sampah anda.

 

9.    Hindari minuman Keras

Minuman keras hanya membuat kita kurang fokus untuk menikmati pergantian tahun hehe… terutama di Gunung yang tinggi hal itu hanya akan menambah resiko terserang dehidrasi.
Disamping 9 (sembilan) hal di atas, cuaca juga harus anda perhatikan dengan baik. Terutama karena BMKG sudah memperingatkan adanya cuaca ekstrim di akhir tahun 2016. Hujan yang sulit untuk diprediksi dan datang dengan cepat. Namun yang terpenting adalah anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Obat-obatan jangan sampai ketinggalan. 

Cek kembali semua perlengkapan dan peralatan sebelum meninggalkan Rumah. Pastikan kendaraan yang akan digunakan menuju ke tempat tujuan dalam keadaan baik juga. Sehingga tidak menyebabkan masalah di perjalanan nantinya. Semoga dapat bermanfaaat informasi yang singkat ini.. !

0 Response to "Perhatikan 9 hal ini untuk berTahun baruan 2017 !"

Post a Comment

tinggalkan jejakmu ...