Jalur pendakian Gunung Cikuray Via Dayeuh Manggung

Gunung Cikuray, Gunung dengan ketinggian 2.821 Mdpl. Termasuk dalam Daerah Administratif kabupaten Garut, Jawa Barat. Ada tiga jalur pendakian menuju puncak Gunung Cikuray, Cikajang, Bayangbong dan Dayeuh Manggung.

Untuk kali ini akan kami berikan informasi mengenai  jalur pendakian melalui Daeyeuh Manggung. Kelebihannya adalah pemandangan perkebunan teh yang menyejukkan mata. Keadaan hutannya yang masih lebat juga memberikan sensasi yang menakjubkan.

Akses Menuju ke lokasi adalah Terminal Guntur, Garut – Menggunakan Angkot ke Cilawu dan dilanjutkan dengan Ojek atau sewa mobil ke Pos pemancar. DI pos pemancar ini adalah tempat terakhir pendaki bisa mengambil air untuk persediaan.

Sumber gambar: tempatwisatajawabarat.com

Pos 1
Mengawali perjalanan dari pos pemancar pendaki akan disuguhi dengan hamparan kebun teh di punggungan bukit. Baru setelah ini pendaki akan sampai di pos registrasi dan setiap pendaki wajib untuk mengisi buku tamu. Sehabis kebun teh barulah sampai di Pintu Hutan dan tak lama juga sampai di Pos 1 dengan waktu 45 menit sampai 1 jam dari pos pemancar.

Pos 2
Diperlukan waktu sekitar satu jam untuk sampai di pos 2, dengan melewati medan yang lumayan menanjak. Di pos ini tidak terdapat tempat untuk mendirikan tenda yang cukup luas. Hanya sekitar dua tenda saja.

Pos 3
Menuju ke pos 3 trek sudah mulai curam dengan jalan yang sempit di atas punggungan. Perjalanan menuju pos tiga ini akan terasa sangat melelahkan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 Jam. Biasanya pendaki beristirahat sedikit lama di Pos ini.

Pos 4
Menuju pos 4 trek yang dilalui tidak jauh berbeda dengan jalur menuju ke pos 3. Curam dengan sedikit licin ketika musim hujan. Beberapa bonus (jalan landai) di jalur ini.Meski begitu waktu yang dibutuhkan relatif singkat hanya sekitar 30 menit.

Pos 5
Tingkat kemiringan yang lebih terjal akan dihadapi pendaki menuju ke pos 5. Sedikit lebih curam dari trek sebelumnya. Waktu tempuh menuju ke pos 5 adalah 45 menit.

Pos 6
Dengan kondisi hutan yang lebat, pendaki masih harus melaui trek yang menanjak dengan pepohonan yang lebat. dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pos 6 ini.

Pos 7
Di pos 7 lahan datarnya sangat sempit sehingga sangat susah untuk mendirikan tenda. Lebih baik meneruskan perjalanan, karena di depan lahan lebih luas yang dapat menampung tenda lumayan cukup banyak. Waktu tempuh sampai pos ini adalam 30 menit.

Puncak
Puncak dapat ditempuh dengan waktu 15 menit dari pos 7. Panorama pegunungan dapat dinikmati dari puncak Gunung Cikuray ini. Terdapat sebuah bangunan di puncak Gunung Ini. Beberapa puncak dapat terlihat dari sini seperti G. Papandayan, G. Guntur, G. Galunggung.

0 Response to "Jalur pendakian Gunung Cikuray Via Dayeuh Manggung"

Post a Comment

tinggalkan jejakmu ...