5 Cara mengetahui keaslian Jam Tangan Swiss Army


Bagi yang banyak melakukan kegiatan di Alam bebas seperti Mendaki Gunung, Rafting atau panjat tebing jam tangan merupakan alat yang sangat penting. Meskipun jaman sudah berganti namun jam tangan tidak lekang begitu saja. Piranti pengganti seperti Handphone belum bisa menggeser kepraktisannya karena terkendala dengan borosnya baterai, oleh karena itu di pasaran jam tangan ini masih banyak peminatnya.

Saat ini jam tangan sendiri bukan hanya berfungsi sebagai alat untuk mengetahui informasi waktu. Disamping fungsi utamanya jam tangan juga berfungsi sebagai bagian dari gaya dan penampilan. Tak heran kadang satu orang memiliki beberapa jam tangan untuk digunakan sesuai dengan waktu dan acaranya. 

Berbagai macam model akhirnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Sporty, trendy dan elegan. Ada beberapa merk terkenal yang banyak beredar di pasaran. Salah satunya yang sangat laris adalah merk Swiss Army. Jam tangan yang awalnya dipakai oleh tentara Swiss dari 1897 ini banyak ditawarkan dengan berbagai model dan harga yang relatif terjangkau.

Tentu saja Swiss Army yang banyak beredar di Negara kita ini kebanyakan adalah KW (tiruan). Memang tidak ada salahnya membeli barang tiruan ini, para penjual pun kadang menginformasikan kalau dagangannya adalah KW. Namun tak jarang pula yang yang tidak memberi tahukan bahwa jam tangan Swiss Army yang dijualnya adalah tiruan. Nah ini yang merugikan pembeli, dan ini sering sekali dilakukan oleh beberapa toko jam tangan. 

Untuk itu perlu kita mengetahui ciri-ciri dari jam tangan Swiss Army ini. Agar kita tidak kecewa, menganggap barang yang kita beli adalah barang original. Untuk kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk mengetahui Jam tangan Swiss Army Original dan KW. Kenapa Swiss Army ? karena ini yang sangat marak beredar di pasaran saat ini. Berikut beberapa langkahnya :


1. Lihat Logo dan Tulisannya

Secara umum ketika melihat jam tangan adalah dengna melihat logo yang terdapat dalam ham tangan. Banyak kasus yang terjadi beberapa jam tangan palsu (KW) memiliki logo yang hampir mirip dengan aslinya dan sangat sulit dibedakan secara kasat mata.

Cermati baik-baik cara penulisan yang tidak sesuai baik ejaan, maupun logo yang tertera. Jam tangan Swiss Army sebenarnya sangat mudah untuk dibedakan, sekitar logo apakah ada tulisan Victorinox atau tidak. Jika tidak cukup sampai langkah ini ! karena jam tangan ini adalah palsu.

Victorinox merupakan pemegang lisensi yang Resmi dan logonya adalah lambang bergambar positif (+) yang berada dalam perisai. Perisainya sendiri berwarna merah dengan tanda (+) berwana putih. Ini cukup mudah sekali.


2. Lihat Harganya

Swiss Army yang beredar di Indonesia kebanyakan bukan buatan Victorinox. Harga yang disematkan juga cukup beragam dengan kualitas yang bagus dimulai dari 500 ribu hingga 1,5 juta. Yang banyak di pasaran adalah buatan Indonesia atau Cina, meskipun demikian ada beberapa onderdil yang memang buatan Swiss, karena memang kebanyakan jam tangan mesinnya berasal dari sana. Untuk tiruan yang kwalitasnya jelek harga bisa di bawah 500 ribu, saya sendiri pernah iseng membeli dengan harga 60 ribu, dan hanya beberapa bulan pakai sudah rusak. Kalau anda ingin membeli yang asli siapkan saja 4-80 juta.


3. Cek Toko atau Reseller Resmi

Ini sangat mudah, buka saja website dari Victorinox (http://www.victorinox.com/)dan cek di mana saja penjual resmi dari jam tangan ini. Jangan tertipu karena untuk Swiss Army Indonesia langsung cek saja dari link yang ada di website resmi victorinox, karena ada situs yang namanya mirip.

Toko khusus jam tangan tidak menjamin keasliannya. Jam tangan saya yang palsu itu juga saya beli di Toko Arloji yang cukup terkenal, bahkan jam tangan KW Swiss Army juga banyak dipajang di situs jual beli terbesar di Asia.


4. Pastikan Garansi

Jam tangan Swiss Army yang asli pasti memiliki Garansi. Meskipun ada beberapa jam tangan KW dan bukan made in Victorinox yang mengaku memiliki garansi resmi.


5. Cek Fitur dan Kelengkapannya

Beberapa fitur yang ditawarkan pada jam tangan biasanya adalah timerm chronograph dan sebagainya. Pastikan semua fitur berjalan dengan semestinya. Tapi, hal yang sangat penting adalah untuk melihat pula model yang akan anda periksa apakah sudah sesuai dengan fitur yang tertera di label atau model yang ada di website resminya. 


Meski bukan ahli Arloji namun hal di atas adalah beberapa hal yang saya rangkum dari tulisan-tulisan para pakar jam tangan yang patut anda pertimbangkan agar tidak tertipu atau kecewa dalam membeli arloji khususnya Swiss Army. 

22 Responses to "5 Cara mengetahui keaslian Jam Tangan Swiss Army"

  1. Baru sadar kalau jam tangan saya KW. Thx atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, makasih sudah mampir

      Delete
    2. Gw beli Swiss army 900rb dan ternyata itu palsu 😅

      Delete
    3. yang penting tetep pede dipakai aja gan hehe...

      Delete
  2. Nyesel beli 900rb ternyata palsu
    Untuk harga triple zone time yg asli itu berapaan ya?

    ReplyDelete
  3. Saya beli yg palsu harga 1 jeti kira2 tahun 2006... Sampe sekarang masih awet ajah... Cuma ganti rantainya sekali sama ganti batrei ± tiap 2 tahun sekali.. :D

    ReplyDelete
  4. Makasih bnyk infonya jd tahu mn yg asli dan yg kw

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu informasinya & cukup sederhana membedakan nya

    Trims atas info nya

    ReplyDelete
  6. Kalau mau yg asli mas harga nya paling murah ya berkisar 3 jt...bagi yg berduit uang segitu tidak berharga..bagaimana dgn yg tidak..menurut sy fungsi yang lebih utama dan lebih penting murah dan awet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang tidak harus yg ori ... saya nulis ini sekedar biar tidak ada yg salah beli, beli KW dengan harga asli hehe.

      Delete
  7. Mudah mudahan ini awet jam tangan..

    ReplyDelete
  8. Pengin punya yg asli sih cuman mahal. Jgn beli yg palsu menipu diri sendiri mending beli merk lain yg lebih murah tapi asli

    ReplyDelete
  9. Selama ini ga pernah pake aksesoris apalagi jam tangan, dapat hadiah seri SA2002M setelah saya cek disini ternyata KW....tp tak apalah kan kujaga & kurawat si doi. seumur2 baru sekarang peke jam hahahah

    ReplyDelete
  10. lah ternyata + merah jajargenjang ternyata palsu. pftttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake aja selama masih bisa buat nunjukin waktu waktu

      Delete
  11. wah baru tau kalau jajar genjang merah tu palsu, padahal kata pedagangnya asli dan ada kartu garansinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem...beli swiss army dengan lambang jajaran genjang,ama pemjualnya dibilang asli, malah dikasih kartu garansi...

      Delete
  12. aku juga pake swiss army harga 350.000 dan ternyata kw ya. hmmm...terlanjur deh

    ReplyDelete
  13. O itu toh cara membedakan ori n non ori. Manfaat kali ilmunya. Mehong binggo harga ori. Beli yg kualitas bagus harga miring

    ReplyDelete
  14. Gw beli 1,250 ternyata kw ya allah:(

    ReplyDelete

tinggalkan jejakmu ...